Hijrah – Move On?

hijrah

Assalamualaikum, Readers.

Seperti judul blog ini, pertama-tama saya mau menjelaskan tentang apa itu Hijrah.

Hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah.

Ada 2 jenis Hijrah, Hijrah Makaniyah dan Hijrah Maknawiyah.

Hijrah Makaniyah, adalah Hijrah dengan berpindah tempat. Seperti dulu, Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau hijrah dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam. Atau seperti hijrahnya Ibrahim as dan Musa as, ketika Beliau khawatir akan gangguan kaumnya.Seperti yang tecantum dalam al-Qur’an

Berkatalah Ibrahim: “Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan). Tuhanku, Sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana  (Qs 29:26)

Hijrah selanjutnya adalah Hijrah Maknawiyah. Adanya Hijrah dalam Pola Fikir, Hijrah Keyakinan, Hijrah Tingkah Laku (Aqhlaq), Hijrah Rasa, dan Hijrah lainnya yang berupa Sifat dan Prilaku.

Ya Hijrah Maknawiyah ini yang pastinya akan kita lakukan, Hijrah dari hal-hal yang buruk menuju yang baik, atau… yang jangan sampai kejadian, Hijrah dari yang Normal malah jadi buruk.

Dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 218, Allah berfirman “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Nah, Readers. Sekarang tinggal kamu yang menentukan, apa arti Hijrah yang sebenarnya, dan maukah kamu berHijrah demi sebuah kehidupan yang lebih baik kedepannya.

 

Tinggalkan komentar